PGSD Berbagi adalah tema bakti sosial yang kami adakan tahun ini. Sejatinya bakti sosial ini sudah kedua kalinya diadakan oleh mahasiswa PGSD sebagai lanjutan dari kegiatan P2Mawa (Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa). Namun tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu, meskipun dari segi konsep tidak jauh berbeda. Mengapa? Karena tahun ini penyumbangnya bukan hanya dari mahasiswa baru, tetapi dari mahasiswa PGSD angkatan 2009 dan 2010 juga tidak kalah berperan. Kegiatan ini diadakan agar mahaiswa baru mengetahui keadaan nyata di lapangan. Tidak hanya teori saja.
Persiapan sudah kami lakukan sebagai Panitia P2Mawa sekaligus Panitia Bakti Sosial. Mulai dari sumbangan apa yang akan diberikan, sekolah atau tempat mana yang akan kita kunjungi dan berapa perwakilan yang mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan baksos ini. Sebenarnya lebih baik jika mahasiswa baru mengikuti kegiatan baksos ini, namun keterbatasan kendaraan dan tempat/sasaran baksos serta keselamatan juga menjadi alasan Panitia untuk membatasi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan baksos.

Setelah melakukan survei ke beberapa SD, akhirnya kami menemukan SD yang benar-benar membutuhkan bantuan dari kami yaitu SD N Ampel 2 Wuluhan. SD ini merupakan SD yang baru saja mengalami kerusakan bangunan akibat roboh. Sekitar 4 kelas yang mengalami roboh pada atapnya, sehigga beberapa kelas ada yang memakai ruangan Kepela Sekolah, ruang guru, bahkan ruang sebelah gudang berisi kayu-kayu. Cukup prihatin ketika saya melakukan survei pertama kali.Tidak jauh dari SD tersebut, kami juga memilih SD N Ampel 4 dan Yayasan Panti Asuhan AL Iman sebagai tempat kunjungan kami.
Hari yang ditunggupun tiba, sumbangan dari mahasiswa PGSD seperti media pembelajaran, baju-baju bekas, alat-alat (penggaris, penghapus, kapur) dan da juga yang menyumbangkan uang. Tepat tanggal 17 Desember 2011, kami mulai berkumpul di kampus gedung 3 FKIP sekitar pukul 07.00. Kami berkumpul terlebih dahulu untuk membagi kelompok kunjungan ke SD. Karena jika semua rombongan fokus pada satu SD saja, maka kegiatan ini tidak maksimal.
Sekitar 25 mahasiswa, berbondong-bondong ke SD sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Kami berangkat dari kampus berkendara sepeda motor sekitar pukul 07.30. Dan sekitar pukul 09.00 kami tiba di SD dan langsung memisahkan diri ke SD 4 dan SD 2. Sebelum ke SD sekitar 8 mahasiswa berhenti di YPAA untuk memberikan sedikit bantuan berupa sembako. Namun kami tidak bisa berlama-lama di sana. Karena anak-anak banyak yang sedang belajar di sekolah. Kami pun memutuskan untuk melanjutkan ke SD tujuan kami.
Seperti agenda yang sudah kami rencanakan, di sana kami tidak hanya memberikan bantuan saja, tetapi juga memberikan motivasi-motivasi kepada anak.
Sekitar 45 menit, mahasiswa baru yang kami utamakan telah melakukan berbagai macam kegiatan. Ada yang mengajak anak-anak bernyanyi, bermain origami dan adapula yang diminta oleh wali kelas untuk mengoreksi dan membahas hasil evaluasi. Bercanda-canda dan berfoto pun tidak kami hindarkan.
Alhmadulillah, walaupun hanya kegiatan sesederhana ini, kami dapat memperoleh ilmu dan pengelaman yang tiada duanya. Dapat melihat dan memperlajari berbgai karakter anak merupakan kelebihan dari kegiatan bakti sosial ini.
Semoga kegiatan baksos ini tidak terlupakan sebagai kegiatan tahunan untuk menyambut mahasiswa baru PGSD. Tentunya dengan cara yang unik dan mulia yaitu berbagi dan berbaur langsung dengan anak SD yang hakikatnya merupakan calon anak yang akan kita didik. (red. Humas Pubjar, vindy)(penulis : Novia Sulandari)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s